MANAJEMEN KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA
PT.Standar Sertifikasi Indonesia beroperasi sebagai Badan independen sesuai dengan standar internasional UNI EN ISO / IEC 17021 untuk sertifikasi SISTEM MANAJEMEN KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA.
ISO 45001 adalah Standar Internasional yang menentukan persyaratan untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (OH & S), dengan panduan penggunaannya, untuk memungkinkan sebuah organisasi memperbaiki kinerja K3 secara proaktif dalam mencegah cedera dan kesehatan buruk.
Walaupun ISO 45001 mengacu pada OHSAS 18001 – tolok ukur pertama untuk kesehatan dan keselamatan kerja- ini adalah standar baru dan berbeda, bukan revisi atau pembaruan, dan secara bertahap akan menggantikan OHSAS 18001 selama tiga tahun ke depan. Oleh karena itu organisasi perlu merevisi pemikiran dan praktik kerja mereka saat ini untuk menjaga kepatuhan organisasi.
Apa perbedaan utama antara OHSAS 18001 dan ISO 45001?
Ada banyak perbedaan, tetapi perubahan utamanya adalah bahwa ISO 45001 berkonsentrasi pada interaksi antara organisasi dan lingkungan bisnisnya sementara OHSAS 18001 fokus pada pengelolaan bahaya kesehatan dan keselamatan kerja serta masalah internal lainnya. Kedua standar ini juga berbeda dalam banyak hal lain, diantaranya :
- ISO 45001 berbasis proses – OHSAS 18001 adalah berbasi prosedur
- ISO 45001 dinamis dalam semua klausa – OHSAS 18001 tidak
- ISO 45001 mempertimbangkan risiko dan peluang – OHSAS 18001 berurusan secara eksklusif dengan risiko
- ISO 45001 memasukkan pandangan pihak yang berkepentingan – OHSAS 18001 tidak
Poin-poin ini mewakili perubahan signifikan yang terjadi dalam cara mempresepsikan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Kesehatan dan keselamatan kerja tidak lagi “berdiri sendiri”, tetapi harus dilihat dari dalam perspektif “menjalankan organisasi” yang sehat dan berkelanjutan. Walaupun demikian, meskipun kedua standar berbeda dari segi pendekatan, sistem manajemen yang telah ditetapkan sesuai dengan OHSAS 18001 akan menjadi platform yang kuat untuk bermigrasi ke ISO 45001.
MANFAAT ISO 45001:2018
- Memahami kinerja kesehatan dan keselamatan kerjanya
- Menetapkan Policy, Objective dan Target yang lebih bermanfaat
- Memberikan alat dimana Perusahaan/organisasi perlu untuk mengintegrasikan tanggung jawabnya terhadap kesehatan dan keselamatan kerja
- Mengurangi resiko kecelakaan kerja
- Mematuhi regulasi/peraturan terkait dengan K3
ISO 45001 adalah Standar Internasional yang menentukan persyaratan untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (OH & S), dengan panduan penggunaannya, untuk memungkinkan sebuah organisasi memperbaiki kinerja K3 secara proaktif dalam mencegah cedera dan kesehatan buruk.
Walaupun ISO 45001 mengacu pada OHSAS 18001 – tolok ukur pertama untuk kesehatan dan keselamatan kerja- ini adalah standar baru dan berbeda, bukan revisi atau pembaruan, dan secara bertahap akan menggantikan OHSAS 18001 selama tiga tahun ke depan. Oleh karena itu organisasi perlu merevisi pemikiran dan praktik kerja mereka saat ini untuk menjaga kepatuhan organisasi.
APA PERBEDAAN UTAMA ANTARA OHSAS 18001 DAN ISO 45001?
Ada banyak perbedaan, tetapi perubahan utamanya adalah bahwa ISO 45001 berkonsentrasi pada interaksi antara organisasi dan lingkungan bisnisnya sementara OHSAS 18001 fokus pada pengelolaan bahaya kesehatan dan keselamatan kerja serta masalah internal lainnya. Kedua standar ini juga berbeda dalam banyak hal lain, diantaranya :
- ISO 45001 berbasis proses – OHSAS 18001 adalah
berbasis prosedur. - ISO 45001 dinamis dalam semua klausa – OHSAS
18001 tidak. - ISO 45001 mempertimbangkan risiko dan peluang – OHSAS 18001 berurusan secara eksklusif dengan risiko.
- ISO 45001 memasukkan pandangan pihak yang berkepentingan – OHSAS 18001 tidak.
Lebih dari 7.600 orang meninggal setiap hari karena kecelakaan atau penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan – lebih dari 2,78 juta setiap tahun. Beban cedera dan penyakit akibat kerja sangat signifikan, baik bagi pengusaha maupun ekonomi yang lebih luas, yang mengakibatkan kerugian karena pensiun dini, tidak adanya staf dan kenaikan premi asuransi.
Untuk mengatasi masalah ini, ISO telah mengembangkan standar baru, ISO 45001, sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja – Persyaratan, yang akan membantu organisasi mengurangi beban ini dengan menyediakan kerangka kerja untuk meningkatkan keselamatan karyawan, mengurangi risiko di tempat kerja dan menciptakan kondisi kerja yang lebih baik, lebih aman, dan lebih aman di seluruh dunia.
ISO 45001 Quick Step
Pengalaman panjang kami dibidang sertifikasi ISO 45001 membuat kami tahu apa yang dinginkan perusahaan atau organisasi modern saat ini. Itulah mengapa banyak yang merekomendasikan untuk mendapatkan jasa pelayanan dari kami.
ISO 45001 memungkinkan organisasi untuk menempatkan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan (OH&S) / K3 dalam setiap pekerjaan. Ini akan membantu mengelola risiko K3 dan meningkatkan kinerja K3 dengan mengembangkan dan menerapkan kebijakan yang efektif yang sesuai dengan arah dan tujuan organisasi.
Potensi manfaat utama dari penggunaan standar ini :
- Pengurangan insiden tempat kerja;
- Mengurangi absensi dan pergantian staf, mengarah ke peningkatan produktivitas;
- Mengurangi biaya premi asuransi;
- Penciptaan budaya kesehatan dan keselamatan, dimana karyawan didorong untuk mengambil peran aktif dalam K3 mereka sendiri;
- Kepemimpinan yang diperkuat komitmen untuk secara proaktif meningkatkan kinerja OH&S;
- Kemampuan untuk memenuhi hukum dan persyaratan peraturan;
- Peningkatan reputasi;
- Peningkatan moral staf.
- Lembaga Sertifikasi PT. STANDAR SERTIFIKASI INDONESIA mengutamakan kepuasan pelanggan dalam proses sertifikasi.
- PT. STANDAR SERTIFIKASI INDONESIA telah menerapkan standar khusus Lembaga Sertifikasi yaitu ISO 17021 dalam melaksanakan kegiatan sertifikasi.
- PT. STANDAR SERTIFIKASI INDONESIA telah mendapatkan pengakuan / AKREDITASI dari KOMITE AKREDITASI NASIONAL untuk Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 (LSSM-075-IDN) di beberapa sektor dan Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001:2016 (LSSMAP-023-IDN) di semua sektor.
- Kami memiliki tim Auditor yang berpengalaman dan profesional di berbagai bidang industri.
- PT. STANDAR SERTIFIKASI INDONESIA telah memiliki sistem dalam menangani setiap keluhan dari pelanggan terkait proses sertifikasi yang kami berikan.
- PT. STANDAR SERTIFIKASI INDONESIA telah berpengalaman dalam memberikan pelayanan sertifikasi yang profesional.
Kami memahami bahwa setiap perusahaan berbeda-beda dan memiliki tujuan bisnis tersendiri dan khusus, pendekatan komersial dan budaya. Inilah sebabnya mengapa kami mencipatakan fleksibilitas dan sikap pragmatis dalam layanan yang kami berikan. Hal ini berarti bahwa kami mampu merancang layanan agar dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan khusus anda.
Opsi-opsi yang fleksibel yang kami berikan :
- Pelatihan
- Analisa awal
- Penilaian awal
- Sertifikasi
- Perbaikan sistem
- Penilaian sistem manajemen terpadu